Equityworld Futures | Harga Emas Spot Stabil Senin (10/6) Pagi, Setelah Merosot di Bawah Level US$2.300

Equityworld Futures | Harga Emas Spot Stabil Senin (10/6) Pagi, Setelah Merosot di Bawah Level US$2.300

Equityworld Futures | Harga emas stabil pada hari Senin (10/6), menyusul penurunan di bawah level penting US$2.300 di sesi sebelumnya.

Equityworld Futures | Pemilik Emas Siap Sport Jantung! Harga Emas Bisa Kayak Roller Coaster

Data pekerjaan Amerika Serikat (AS) yang lebih kuat dari perkiraan sehingga meredam ekspektasi penurunan suku bunga awal tahun ini.

Harga emas di pasar spot naik 0,2% menjadi US$2.396,69 per ons troi pada 01.46 GMT. Sedangkan, harga emas berjangka AS turun 0,5% menjadi US$2.313,60.

Dolar naik 0,2% terhadap mata uang utama lainnya, membuat emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya. Sementara imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun naik tipis.

Sebelumnya, harga emas batangan turun lebih dari 3% pada hari Jumat setelah laporan pekerjaan yang kuat dan data China.

Bank sentral China menghentikan pembelian emas untuk cadangannya pada bulan Mei, ketika harga emas spot mencapai rekor tertinggi, setelah 18 bulan pembelian berturut-turut, data resmi menunjukkan pada hari Jumat.

Perekonomian AS menciptakan lebih banyak lapangan kerja dibandingkan perkiraan pada bulan Mei dan pertumbuhan upah tahunan kembali meningkat. Menggarisbawahi ketahanan pasar tenaga kerja dan mengurangi kemungkinan The Fed dapat memulai penurunan suku bunga pada bulan September.

Data tersebut membuat para pedagang sekali lagi mengubah ekspektasi mereka mengenai kapan The Fed akan menurunkan suku bunga dan seberapa besar penurunan tersebut.

Peluang penurunan suku bunga pada bulan September kini berada di sekitar 50%, turun dari sekitar 70% pada akhir Kamis.

Suku bunga yang lebih rendah mengurangi opportunity cost memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

The Fed diperkirakan tidak akan melakukan perubahan apa pun pada pertemuan kebijakannya minggu ini namun fokusnya akan tertuju pada komentar Ketua The Fed Jerome Powell dan perubahan proyeksi ekonomi dari para pengambil kebijakan. Data inflasi AS juga akan dirilis pada hari Rabu.

Bank sentral Vietnam mengatakan, pihaknya “memiliki sumber daya dan tekad yang cukup” untuk menstabilkan pasar emas domestik, di tengah kenaikan tajam harga emas lokal tahun ini.

Di tempat lain, harga perak di pasar spot naik 1% menjadi US$29,48 per ons troi, platinum naik sekitar 1% menjadi US$973,20, dan paladium naik 1,1% menjadi US$922,19.

Leave a comment