PT Equity World | Deretan Saham Apik Usai Sinyal Tapering The Fed

PT Equity World | Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat tipis 0,18 persen ke posisi 6.041 pada perdagangan pekan lalu. Sedangkan, pelaku asing mencatatkan beli bersih senilai Rp956,14 miliar.

Analis PT MNC Asset Management Edwin Sebayang mengatakan pekan ini indeks berpotensi melanjutkan penguatan ditopang oleh tiga sentimen. Pertama, aksi korporasi seperti pembagian dividen, rights issue, atau keputusan perusahaan lainnya.

Bursa Asia Menguat Usai Pidato Dovish Powell Jelang Rilis Data Ketenagakerjaan AS | PT Equity World

Kedua, indikasi penanganan pandemi covid-19 di dalam negeri yang mulai membaik. Ini tercermin dari kasus positif dan kematian harian yang melandai. Misal, jumlah penambahan kasus positif harian dan kematian akibat covid-19 selama tiga hari terakhir sudah menurun.

Pada Jumat (27/8), kasus harian tercatat sebanyak 12.618 dengan total kematian sebanyak 599. Kemudian, kasus positif bertambah 10.050 orang dan kemarin menjadi 591 orang pada Sabtu (28/9). Lalu, pada Minggu (29/8) angka positif covid-19 harian menjadi 7.427 kasus dan angka kematian turun menjadi 551 kasus.

Kendati begitu, Edwin berharap indikasi tersebut bukan penurunan sementara saja. Pasalnya, di berbagai negara penurunan kasus hanya berlangsung sementara sebelum ‘meledak’ lagi.

Tengok saja di AS yang kini kasus hariannya berada di level 160 ribuan. Padahal, pada Juni lalu, angka harian jatuh di bawah level 10 ribu. Itu pun vaksinasi covid-19 berjalan cepat dengan merek-merek yang diyakini berefikasi tinggi seperti Pfizer, Moderna, dan Johnson & Johnson.

Apalagi, 3T atau testing, tracing, dan treatment di RI masih rendah. Sehingga, ia menilai kasus covid-19 rentan kembali melonjak

Leave a comment