Equity World | Eropa Kacau Balau, Bursanya Malah Kompak Terbang

Equity World | Eropa Kacau Balau, Bursanya Malah Kompak Terbang

Equity World | Bursa saham Eropa kompak berada di zona hijau pada sesi awal perdagangan Senin (24/10/2022), di mana investor masih menunggu perkembangan politik Inggris karena Partai Konservatif akan memilih Perdana Menteri (PM) baru hari ini.

Equity World | Harga Emas Rebound Tipis, Investor Cermati Kebijakan The Fed

Indeks Stoxx 600 di awal sesi melesat 1,13% ke 400,76. Saham kimia meroket 1,6%, kemudian disusul oleh saham sektor makanan dan minuman dan kesehatan yang menguat tajam masing-masing sebesar 1,2%.

Hal serupa terjadi pada indeks FTSE Inggris menguat 0,09% ke 6.975,48 dan indeks CAC Prancis naik 0,27% ke posisi 6.052,92. Indeks DAX Jerman terapresiasi 0,96% ke 12.859,91.

Para pelaku pasar masih akan mengamati perkembangan politik Inggris karena hari ini akan diselenggarakan pemilihan PM baru. Setelah Liz Truss mundur sebagai PM pada 20 Oktober lalu.

Selain itu, kondisi ekonomi yang memburuk di Benua Eropa memicu protes dan mogok kerja besar-besaran.

Di Eropa Barat, gelombang pemogokan kerja mulai terjadi. Di Perancis, serikat pekerja kilang minyak dan sektor publik seperti transportasi telah memulai pemogokan mereka dalam beberapa pekan terakhir. Ribuan warga Rumania juga bergabung dalam unjuk rasa Bucharest untuk memprotes biaya energi, makanan dan kebutuhan pokok lainnya.

Kontrak berjangka (futures) indeks bursa AS bergerak melemah pada perdagangan hari ini setelah tiga indeks utama mengalami pekan terbaiknya sejak Juni 2022 pada penutupan perdagangan Jumat (21/10).

Sementara bursa saham Asia Pasifik diperdagangkan beragam, di mana indeks Hang Seng Hong Kong tenggelam hampir 6%, di mana indeks teknologi Hang Seng tergelincir lebih dari 8%.

Leave a comment