Equity World | Saham Asia Pasifik Dibuka Turun, Pasar Khawatirkan Resesi

Equity World | Saham Asia Pasifik Dibuka Turun, Pasar Khawatirkan Resesi

Equity World | Pasar Asia Pasifik diperdagangkan lebih rendah karena kekhawatiran resesi tumbuh. Penjualan ritel Amerika Serikat (AS) yang mengecewakan untuk November menunjukkan inflasi berdampak buruk pada konsumen, sehingga meningkatkan kekhawatiran bahwa kenaikan suku bunga mendorong ekonomi ke dalam resesi.

Equity World | Harga Emas Turun Pada Jumat (16/12) Akibat Indikasi Kenaikan Bunga Lebih Lanjut

Di Australia, S&P/ ASX 200 turun 0,52%. Di Jepang, Nikkei 225 turun 1,44%, memimpin penurunan di wilayah tersebut, sementara Topix kehilangan 73%. Kospi di Korea Selatan juga turun 0,69%.

Departemen Perdagangan AS memberlakukan pembatasan pada perusahaan Tiongkok atas upaya mereka untuk menggunakan teknologi canggih yang membantu memodernisasi militer Tiongkok. Itu terjadi hanya dua bulan setelah pemerintahan Presiden AS Joe Biden mengekang akses Tiongkok ke semikonduktor canggih.

Hari kedua Konferensi Kerja Ekonomi Pusat tahunan Tiongkok dilaporkan akan berlangsung secara tertutup. Otoritas Hong Kong akan merilis pembacaan tingkat pengangguran untuk periode September-November di kemudian hari.

Aktivitas Pabrik Jepang Rendah

Indeks Manajer Pembelian (PMI) Manufaktur au Jibun Bank Flash Jepang turun ke 48,8 yang disesuaikan secara musiman pada Desember dari 49,0 akhir pada November, menandai proyeksi terendah sejak Oktober 2020.

“Perusahaan manufaktur terus berjuang dalam menghadapi kondisi permintaan yang lemah dan tekanan inflasi yang parah,” kata S&P Global dalam rilis terbarunya, Kamis (15/12).

Angka di bawah 50 mengindikasikan kontraksi dari bulan sebelumnya, dan di atas 50 mengindikasikan ekspansi.

Ekspansi yang lebih kuat dalam output jasa untuk Desember tercermin dalam indeks aktivitas bisnis jasa, yang naik menjadi 51,7 pada Desember dari pembacaan akhir 50,3 pada November.

Leave a comment