Equityworld Futures | Lagi, Kemesraan AS-Jepang Hijaukan Bursa Saham Tanah Air

Equityworld Futures | Lagi, Kemesraan AS-Jepang Hijaukan Bursa Saham Tanah Air

Equityworld Futures | Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengawali perdagangan hari ini dengan penguatan sebesar 0,05% ke level 6.101,84. Seiring dengan berjalannya waktu, IHSG terus memperlebar penguatannya. Pada pukul 09:20 WIB, IHSG ditransaksikan menguat 0,11% ke level 6.105,62.

Kinerja IHSG senada dengan mayoritas bursa saham utama kawasan yang juga sedang ditransaksikan di zona hijau: indeks Nikkei naik 0,39%, indeks Shanghai naik 0,55%, indeks Hang Seng naik 0,37%, dan indeks Kospi naik 0,1%.

Kemesraan AS-Jepang di bidang perdagangan kembali menjadi faktor yang memantik aksi beli di bursa saham tanah air. Kemarin (27/5/2019), IHSG ditutup menguat 0,69%.
Selama 4 hari, Presiden AS Donald Trump berkunjung ke Jepang untuk bertemu dengan Perdana Menteri Shinzo Abe. Berbicara dalam konferensi pers bersama Abe, Trump mengatakan bahwa dirinya berharap bisa mengumumkan kesepakatan dagang dengan Jepang dalam waktu yang sangat dekat.

Trump mengungkapkan bahwa defisit dagang yang dialami oleh AS dengan Jepang adalah sangat besar, namun dirinya berharap bahwa permasalahan tersebut bisa segera diatasi.

“Mereka (Jepang) adalah pebisnis yang luar biasa, negosiator yang luar biasa dan telah menempatkan kita (AS) di dalam sebuah posisi yang sulit, namun saya rasa kami akan mencapai kesepakatan dengan Jepang,” kata Trump pada hari Senin (27/5/2019), dilansir dari CNBC International.

Sementara itu, Abe mengatakan bahwa dirinya dan Trump telah setuju untuk mempercepat dialog dagang kedua negara.

Sebelumnya, Trump sempat mengancam bahwa dirinya akan mengenakan bea masuk yang tinggi bagi mobil impor asal Jepang. Kini, pelaku pasar optimistis bahwa ancaman tersebut tak akan dieksekusi.

Sekedar mengingatkan, Jepang merupakan negara dengan nilai perekonomian terbesar ketiga di dunia setelah AS dan China. Jika perang dagang AS-Jepang bisa dihindari, tentu perekonomian dunia bisa dipacu untuk melaju di level yang relatif tinggi.

Selain karena adanya potensi kesepakatan dagang AS-Jepang, laju IHSG juga terbantu oleh kinerja rupiah yang oke. Memang, hingga berita ini diturunkan rupiah ditransaksikan flat saja di level Rp 14.375/dolar AS (pasar spot). Namun, kinerja ini bisa dikatakan oke lantaran indeks dolar AS sedang melejit hingga 0,19%. Pada hari ini, rupiah bahkan sempat menguat ke level Rp 14.360/dolar AS.
Equityworld Futures
Perang Dagang, Trump Belum Siap Bikin Perjanjian dengan China | Equityworld Futures
Koreksi yang sudah lumayan membuat dolar AS menjadi buruan investor pada hari ini. Dalam seminggu terakhir (hingga penutupan perdagangan kemarin), indeks dolar AS sudah jatuh sebesar 0,25%.

Terlepas dari dolar AS yang sedang perkasa pada hari ini, rupiah bisa mempertahankan posisinya seiring dengan koreksi dalam yang dialami sebelumnya. Jika dihitung sejak awal bulan ini hingga penutupan perdagangan tanggal 22 Mei, rupiah melemah hingga 1,93% melawan dolar AS di pasar spot.

Leave a comment